Langsung ke konten utama

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan.

Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in.

Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah.

Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil.


Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya serahkan buku tabungan kepada petugas teller, saya menegok ke kiri dan kanan. Saya menemukan ada sebuah banner di sisi kiri area teller.

Saya membaca banner berjudul "Transfer Dana Melalui Sistem BI-RTGS dan SKNBI". Ada penjelasan mengenai proses layanan RTGS dan kliring, jadi selain melalui jasa perusahaan switching. Proses transfer antarbank, bisa juga melalui layanan dari Bank Indonesia.

Ada dua pilihan layanan transfer dari Bank Indonesia. Kiat bisa memilih sesuai kebutuhan, yaitu:

1) Sistem Bank Indonesia Real Time Gross Settelment (Sistem BI RTGS)

2)  Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKN-BI)



Untuk transaksi transfer berbeda bank < 100 juta maka perusahaan, menggunakan kliring/SKN-BI. Proses SKN-BI membutuhkan proses: maksimal 2  jam dari bank pengirim, waktu setelmen terdekat, dan maksimal 2 jam ke bank penerima.

Waktu settelment Bank Indonesia untuk SKN-BI ada lima kali sehari: 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.30. Proses kliring/SKN-BI berlangsung di hari kerja. Nominal maksimal sebesar 500 juta. Biaya dikenakan untuk transaksi kliring, kepada nasabah maksimal 5.000 (Sesuai aturan Bank Indonesia)

Contoh 1:

PT XYZ memiliki rekening di Bank Mandiri, saya memiliki rekening di Bank BCA. Bagian keuangan PT XYZ melakukan transfer sebesar 5 juta (<100 juta). Dengan kliring/SKN-BI, dari Bank Mandiri ke Bank BCA pada pukul 17.00.

Sehingga proses transaksi, diproses keesokan harinya (jika hari kerja). Sehingga baru keesokan harinya,  dana yang dikirimkan PT XYZ, dari Bank Mandiri sampai di rekening BCA milik saya.

Beda halnya jika, besaran nilai transfer di atas 100 juta. Maka perusahaan bisa memilih menggunakan kliring/SKN-BI ataupun Sistem BI RTGS. Dengan memilih transfer dengan RTGS. Maka proses transfer maksimal 2 jam, setelah transaksi transfer RTGS dilakukan.

Namun, proses dilakukan hanya di hari kerja. Biaya yang dikenakan lebih besar daripada kliring, yaitu: maksimal 35 ribu kepada nasabah (sesuai aturan Bank Indonesia).

Contoh 2:

PT OPQ  memiliki rekening di Bank BNI, saya memiliki rekening di Bank BRI. Bagian keuangan PT OPQ melakukan transfer sebesar 150 juta. Sehingga bisa memilih antara transfer dengan kliring ataupun RTGS.

Karena ingin proses yang lebih cepat, PT OPQ melakukan transfer kepada saya dengan RTGS. Sehingga dua jam setelah transaksi RTGS, dana yang dikirimkan akan saya terima.

Sehingga kegalauan saya dan teman lainnya, kini sudah terjawab. Dana bisa saja sudah ditransfer perusahaan namun, dilakukan sore hari sehingga baru sampai keesokan harinya.

Mungkin juga dilakukan pada hari Jumat sore atau hari libur, sehingga baru diproses pada hari kerja berikutnya. Jadi, kini tak galau lagi jika menerima transferan berbeda bank.

Solusinya menghindari proses transfer dengan kliring ada dua:

1) Menggunakan Fasilitas Perusahaan Switching.

Keuntungannya dana yang dikirim bisa langsung sampai. Namun, kekurangannya rata-rata batasan harian, transfer ke bank berbeda hanya 10 juta per hari. Bisa menggunakan layanan ATM Prima, ATM Bersama, ATM LINK, dan ATM ALTO

2) Memiliki Rekening Bank yang Sama dengan Pengirim

Kalau memiliki rekening bank yang sama, proses transfer antar bank terhindarkan. Namun, pilih dengan cermat jenis tabungan yang akan dimiliki.

Sekian tulisan untuk jawaban atas kegalauan, tatkala transferan tak kunjung sampai. Siapa tahu memang sudah diproses namun, memang prosesnya tertunda.

Komentar

  1. Harus sabar dan lihat-lihat jam ya, artinya. Jangan langsung berprasangka buruk. Terima kasih infonya, Ko.

    BalasHapus
  2. Emang transfer antar bank itu harus tau gimananya, salah-salah maunya cepet malah bisa 2-3 hari repot ini. Ini penting buat yang belum tau

    BalasHapus
  3. Memang paling bikin kesal sih, kartu kredit gue kan beda sama bank gue, jadi setiap bayar gak boleh mepet sama jatuh tempo. Kalo mepet suka kehitung telat sampainya. Kan kzl ya.

    BalasHapus
  4. ihs aku pernah kena imbas nih, soal beginian. krn suplierku beda bank, uang yg kutransfer terlambat masuk, trus aku dikira tidak serius ordernya, padahal di rekeningku sudah terpotong.


    coba dulu si kokoh suruh baca ini ya, jadi kan barang orderanku masih bisa di keep.

    BalasHapus
  5. Satu satunya problem yang pernah terjadi ketika aku transfer di sebuah ATM adalah pas mau transfer tetiba muncul tulisan yang intinya "saldo tidak mencukupi" padahal aku transfer ngga banyak kok sampai akhirnya batal transfer tanpa tau saldonya tetap berkurang atau ngga :'D
    Btw terima kasih atas tulisannya ko 👍

    [Lucky]

    BalasHapus
  6. Belum pernah mengalami hal diatas. Soalnya gak pernah ngelakuin RTGS. hehe. Cukup transfer lewat mobile banking aja. Tapi kl gagal transfer sih krn saldo gak cukup aja. Hehe

    BalasHapus
  7. Belum pernah mengalami hal diatas. Soalnya gak pernah ngelakuin RTGS. hehe. Cukup transfer lewat mobile banking aja. Tapi kl gagal transfer sih krn saldo gak cukup aja. Hehe

    BalasHapus
  8. Kalau sudah beda bank dan pengen cepat, saya biasanya 'numpang' transfer dari rek suami atau saudara yg sama dg rek bank tujuan. Selain bebas biaya transfer, juga lebih cepat. Hehe

    BalasHapus
  9. KAlau harus nunggu keesokan harinya, itu emang bikin greget banget, yak. AKu pernah tuh nunggu transferan. grgr beda bank, jadi sampainya keesokan harinya.
    Tapi suatu waktu, pernah dpt trf dr beda bank, tapi masuknya cpt. Wkwwk
    Keduanya dalam nominal dibawah 1 juta koh

    BalasHapus
  10. oooh begitu yaa...
    iya sih, kolega saya sukanya pake BCA. pun sampai sekarang saya masih belum pake BCA, melainkan masih pake yang murah2, hahahaa

    BalasHapus
  11. Wah baru tahu, semoga tidak mengalami kejadian seperti itu. Makasih infonya, mas. :D

    BalasHapus
  12. Kalo bank yg aku pakai ada pilihan rtgs, online, sm kliring. Dan aku suka pilih online karna realtime langsung sampe, tp biayanya mehong 6500.
    Kalo yg lain2 aku blm pernah coba, buat transfer kok coba-coba.. Hheee

    BalasHapus
  13. Saya kebetulan punya 3 bank yg sering digunakan byk org di Indonesia mas. Jadi klo butuh transfer saya pasti akan gunakan yg rekeningnya sama hehe

    BalasHapus
  14. Saya punya beberapa rekening dan usahakan kalau transfer pakai rekening yg sama.
    Tapi pernah kejadian sih waktu itu kudu bayar kontrakan trus duit di rekening kurang, makanya tambah dr reening yg lain. Pakai inet banking dan aku salah pilih opsi LLG (kalau gak salah) pdhl kudunya RTGS. SOkteu kirain LLG itu yg lansung hehe. Untung induk semangnya baik dan mau ngerti knp nelat transfer :D
    Btw TFS informasinya yaaa

    BalasHapus
  15. aih... aku sering transfer antar bang tapi jumlah uangnya ngga banyak sih. jadi masih aman aman saja. ngga pernah sampai mandek atau macet. masih lancar jaya. Berhubung punya bisnis online hampir semua bank ada rekeningnya hehehe jadi aman

    BalasHapus
  16. Aku pernah galau pas gajian karena transfernya beda bank. Transfer Sabtu sampai Senin. Batal malam Mingguan deh gara-gara gak ada duit, wkwkwk

    Skrg sih sdh paham kalau beda bank bs telat masuknya

    BalasHapus
  17. Skrg sdh tahu dan biasanya yg ngirim jg ngadih note kalau beda bank sampainya beberapa hari kemudian

    BalasHapus
  18. Aku kayaknya belum pernah ngalamin transferan kepending dari beda bank. Kayaknya, sih. Ya semoga janganlah, repot nanti. Aku kan anaknya suka menggebu-gebu dan panikan wkwkwk tapi thanks ya, Koh, baru tau sih alasannya kenapa sempat dengar beberapa orang mengeluhkan tranferan beda bank yang katanya pending.

    BalasHapus
  19. Aku pernah, mas.
    Dan ini ngeselin banget.

    Aku yang transfer, malah dituduh yang engga-engga.

    Kan jadi Bete yaa...


    Lalu setelah tau bahwa beda bank butih waktu...baru deeh..orangnya cooling down.

    BalasHapus
  20. Hmm begitu ya.. Pantesan biasanya bikin aku harap cemas. Hehehe

    BalasHapus
  21. Kira kira butuh waktu berapa jam transfer berbeda bank.

    BalasHapus
  22. Misalkan : Si A SKNBI dibawah 100jt via Mandiri ke rekening saya di BRI, SKNBI di realisasikan pukul 12 siang. itu kira2 1 hari sampai tidak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika transfer pada pukul 12.00 (pada hari kerja) ditambah 2 jam, maka waktu settelment terdekat adalah pukul 15.00. Maka kemungkinan maksimal dana akan diterima pada pukul 17.00 (pada hari kerja)

      Hapus
    2. Sayav ingin bertanya costumer saya melakukan transfer dari bank Mandiri ke BNI Menggunakan RTGS tetapi di jam setengan 4 pada hari jum'at , nah itu kira - kira sampai nya di esok hari atau d hari senin nya ya ? thanks

      Hapus
    3. Kemungkinan akan sampai pada hari Senin.

      Hapus
    4. Tolong d jawab pak kmren saya transfer bnk BRI ke bnk bjb pake mesin ATM hari Minggu jam 15:00 wib tapi d sana ga ada adahal udah satu hari itu kenapa yah

      Hapus
    5. Jika belum sampai juga, silakan hubungi Call Center Bank BRI untuk pemeriksaan lebih lanjut.

      Hapus
  23. Sangat Bermanfaat buat ane yg lagi galau gini nungguin transferan dari konsumen 😂

    BalasHapus
  24. Saya transfer uang dari bank BRI ke BCA dari hari Kamis kemarin sampai sekarang belum kunjung masuk uangnya

    BalasHapus
  25. Saya ingin bertanya. Kawan saya mentransfer uang kepada saya pakai kliring dari Bank Riau ke Bank Mandiri pada hari Jumat tgl 8 Juni 2018 sore hari sekitar jam 4-an. Sedangkan tgl 11-20 Cuti lebaran.Itu kira2 tgl berapa dan jam berapa saya menerima uangnya?

    BalasHapus
  26. Koh, saya mau tanya..Payroll saya dibayarkan melalui bank Mandiri, sedangkan rekening saya BCA..Payroll ditransfer sebelum jam 12 siang (sekitar pukul 11.30) di hari Jumat. Itu masuknya di rekening BCA saya kapan ya ko? Nominalnya masih di bawah Rp 5jt. Terima kasih ko.

    BalasHapus
  27. Saya di transfer melalui skn mandiri ke rek saya di bni tp sdh 6 hari kog nga sampai2
    Apa masalah nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan ada kesalahan pengetikan nama, agar lebih pasti penyebabnya, baiknya bisa telepon ke Mandiri Call 14000.

      Hapus
  28. Saya transfer dari rekening niaga ke bca pada sabtu pkul 11 siang, kira2 akan sampai kapan? karna senin pkl 14.00 blm ada info dana sampai dari penerima..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba periksa kembali, apakah nama penerima sudah benar tertera? Jika belum sampai, disarankan menghubungi contact center bank CIMB Niaga.

      Hapus
  29. Teman saya transfer uang melalui SKN mandiri ke BCA pada hari sabtu pukul 14.00 wib,kira kira akan sampai kapan ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari Senin sudah sampai harusnya. Pastikan isian nama penerima sama persis dengan nama pada nomor rekening tujuan. Jika belum sampai juga, silakan hubungi ke Mandiri Call 14000.

      Hapus
  30. Wah saya sa t ini lagi ngalamin uang belum masuk dari tgl 14 pagi sampai tgl 15 pukul 11 belum masuk gimana ini gan0

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanggal 14 pada jam berapa ya? Kemungkinan hari Senin (harga kerja) akan sampai.

      Hapus
    2. Sekitar jam 9 gan menurut petugas tailornya paling lambat hari sabtu pagi katanya tapi belum masuk juga gan kenapa yaa apa yang saya lakukan kalau seninn belum masuk juga

      Hapus
  31. Soalnya kata petugas tailor bni paling lambat hari sabtu makanya saya tidak usah jau2 ke bank mandiri langsung karna uangnya sangat di butuhkan mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Proses dengan SKN dan RTGS hanya diproses pada hari kerja.

      Hapus
  32. Seandainya SKN error atau rusak,apakah uang yang dikirim tetap akan masuk ke rekenig kita atau tidak? Karna saldonya udah kepotong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ada ketidaksesuaian data, akan dikembalikan ke rekening.

      Hapus
  33. Sy dpt transferan dr kecamatan dumai kota pada pukul 19.53 ke BRI tgl 9 januari 2018, tpi smpe skrg blm msk ke rek bri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan proses transfer berhasil, nama penerima sesuai dengan yang tertera sama antara yang dibuat pengirim.

      Hapus
  34. Pada tgl 9 januari 2018 pukul 19.53 sy dpt trnsfran 5 jt dr kota dumai riau,smpe skrg koq blm smpe di rekening bri sulawesi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan nama penerima sesuai dengan yang tertera di rekening. Jika belum masuk juga, silakan minta penerima untuk menghubungi call center bank!

      Hapus
  35. Saya transfer hari kamis jm 11.15 tp kok jumt blm masuk ya kira kira kpan masukn

    BalasHapus
  36. suami saya kebetulan Asn disalah satu daerah,diwajibkan memang memakai no rek bank bjb yg dikhususkan u/ para Asn,kebetulan bulan ini suami saya memberikan no rek yg mandiri punya saya u pemasukan gaji bulan ini,entah mengapa temen2 Asn yg lain tgl 8 hari jumat gaji mereka udah pada masuk memang mereka pake rek bjb tetapi sampei tgl ini gaji belum masuk aja ke rek mandiri saya,sudah ditanya kebagian keuangan katanya disuruh sabar karena memang proses kliring beda bank lama,apakah mungkin bisa selama ini klo diitung2 udah mau 7 hari �� tapi rekening mandiri saya belum bertambah jugga saldonya�� sampe detik ini.apakah ada yg pernah mengalami keapesan 😔seperti saya minta saranya dong��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika berbeda bank, pastikan nama ditulis atau diketikan pengirim sesuai dengan nama di rekening. Jika lebih dari 1 hari kerja, kemungkinan ada permasalahan lain.

      Hapus
  37. Saya tf manual dari bri hari jumat ke rek bca..kok sampai hari rabu belum masuk ke rek.tujuan ya? Padahal rek.bri nya udah di rek.koran dan transaksinya berhsil

    BalasHapus
    Balasan
    1. kejadiannya sama kak, kira2 akhirnya masuk tdk ka?

      Hapus
  38. Saya rf melalui SKN pada hari minggu jam 07:30 kira kira masuk pada hari apa ya

    BalasHapus
  39. Maaf , mau nanya . Berapa lama prosesx hingga uang bisa di terima saat di transfer secara tunai di bank yg sama

    BalasHapus
  40. Ga ada gunannya dong mending tarik semua duitnya buka dech rekening yang sama buat transfer 1 jam kelar

    BalasHapus
  41. Saudara saya teansper hari kamus sampe skarang blum sampe kira kira kapan y sampenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika transfer hari Kamis, kemungkinan akan sampai hari Jumat (jika bukan hari libur)

      Hapus
  42. Saya di kirimkan uang seseorang dari bank mandiri tgl 20 juli tapi sampai skrg tgl 22 july blm masuk juga.masalahnya ada di mana ya? Apakah saya yg harus menanyakan ke pihak bank atau pengirim yang menanyakan ke pihak mandiri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan nama penerima yang diketikan pengirim sama persis dengan nama yang tertera pada rekening bank. Perihal pengiriman yang tidak sampai, disarankan meminta pengirim untuk menanyakan kepada bank yang digunakan.

      Hapus
  43. Kk sya di transfer dr bank lain ke Mandiri td siang, tp skrang blm msuk nominal kira"25 juta

    BalasHapus
  44. Mau nnya,,suami saya transfer tgl 14 sampai sekarang blm masuk,,lewat counter sebesar 3.600.000 transfer ke bank BCA

    BalasHapus
  45. Saya dapat berita d transfer hari rabu jam 1 siang , dari bca ke mandiri. Saya cek malam belum masuk.dan hari kamis pagi juga belum masuk. Apa ada kemungkinan lebih dari 1 hari?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika nama penerima sudah sesuai KTP, uang yang dikirim akan sampai. Jika tidak sampai, kemungkinan ada kesalahan pengetikan nama.

      Hapus
  46. Jika salah satu huruf aja dalam pengetikan nama apa.mempengaruhi juga yaa soalnya saya dapat TT an dr bank mandiri ke BCA mulai Jumat siang kok belum masuk Sampek sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengaruh, jika pakai kliring/RTGS maka tidak boleh ada kesalahan pengetikan. Jika ada, sekalipun satu huruf maka transaksinya akan gagal.

      Hapus
  47. maaf mau tanya..adik saya pake bank ocbc transfer ke bca melalui atm mandiri..pada hari jumat pukul 10 malam..kira berapa hari ya bisa nyampe

    BalasHapus
  48. Ko mau nnya, saya kan menerima tf dr bank cimb niaga ke bank mandiri, dia tf melalui atm manual , sdh kirim struk nya juga, tp saldo saya belum bertambah dan belum masuk sudah saya cek mutasi bbrapa kali ,
    Dari hari sabtu jam 5 sore sampe saat ini hari minggu blm ada saldo masuk , pdhl saldo dia udh berkurang. Ini gmana ya ko? Mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya, meminta pengirim uang yang kontak ke call center bank. Biar bisa diperiksa.

      Hapus
  49. Ko, saya dapat tranferan 92jt tgl 31, tapi saya cek tgl 1 kok dananya masuk setengah saja... padahal sesama bank. Apa bisa ada kasus demikian?mohon bantu jawab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cek mutasi rekening dahulu. Lalu, jika ada transaksi mencurigakan. Bisa hubungi call center bank.

      Hapus
  50. Ko saya dpt trnferan hari Jumat siang dan malam 2kali ngirim to tulusanya sedang diproses struknya itu gmn ya koh terima ksh

    BalasHapus
  51. Tante aku ngirim duit 5jt ke rekening aku BCA dari tanggal 5okt2021 sampe sekarang belum masuk juga😢 itu gimana ya ka?

    BalasHapus
  52. Menunggu Emang slalu menegangkan😑was" juga kalo ilang

    BalasHapus
  53. Q dpt tf dri cimb niaga jam 20.30 hari rabu kira2 dana msuk jam berapa y soalnya td dcek jam 10 dana belum masuk. Mksh

    BalasHapus
  54. Sampai sekarang blm masuk dana nya ..si penyetor mandiri dari PT xz melalukan transaksi sknbi ke bank BCA atas nama Mrs i dari tanggal 23 Nopember . sekarang tgl 26 Nopember blm Nerima uang nya saya

    BalasHapus
  55. Saya transfer via m banking living mandiri ,, sayatransfer ke BNI di status transaksi berhasil sukses namun si penerima blom masuk masuk , ada kendala apa ya atau gimana ya

    BalasHapus
  56. Sya mendapat transfer 300 jt dan di fending di akun bank sya tetapi mengapa biaya fending dibebankan kepada penerima tidak dipotong dri uang yg ditransfer

    BalasHapus
  57. Mau nanya,saya dapat transferan jam 12 siang tapi ga langsung masuk katanya terjadi kliring bank?

    BalasHapus
  58. Saya dpt tfrn 100jt dri tgl 27 mret satu minggu belum nyampe tfrnya lewat teller bri,sampe sekarang belum nyampe kenapa ya

    BalasHapus
  59. Saya transfer tgl Maret 2023 jam 16
    Sampai sekarang belum sampai uangnya.
    Sedih banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela