Langsung ke konten utama

Pengalamanku Membuka Rekening Tabungan BNI

Tahun ini BNI memasuki HUT ke-72, banyak promo-promo yang cukup menggoda. Melihat besaran potongan harga yang lumayan, akhirnya sayapun memutuskan membuka rekening tabungan BNI. Ada dua jenis yang sesuai dengan saya BNI Taplus dan BNI Taplus Muda. Akhirnya pada hari Senin, 24 Juli 2017 saya mendatangi BNI di daerah Mangga Dua. Sayapun mendapat nomor antrian 11 untuk menuju ke customer service.

Kurang lebih 15 menit menunggu, nomor antrian sayapun dipanggil dan dipersilahkan ke customer service bernama Mba Rien. Sayapun diminta menunjukan dua identitas, KTP dan satu identitas lainnya. Bisa NPWP, SIM, Paspor, ataupun Kartu Keluarga yang ditunjukan. Hal ini untuk memastikan identitas calon nasabah memang asli. Sayapun kemudian dijelaskan oleh mba Rien, beberapa produk rekening yang sesuai dengan profil saya.

Perbedaan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda

Ada rekening tabungan BNI Taplus dengan Setoran awal minimal 500ribu. Tersedia kartu ATM instan yang bisa langsung digunakan. Limit kartu ATM BNI Taplus untuk transfer ke sesama BNI hingga 50 juta misalnya dan tiga jenis pilihan kartu: silver, gold, dan platinum. Selain itu ada fasilitas lengkap SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Biaya administrasi bulanan BNI Taplus sebesar Rp 11.000 dan biaya kartu silver 2.000, jika saldo di bawah minimum Rp 150.000 akan dikenakan biaya Rp 5.000. Saldo yang bisa disisakan di rekening BNI Taplus sebesar Rp 15.000.

Selanjutnya dijelaskan produk tabungan BNI Taplus Muda untuk nasabah berusia 15-25 tahun. Ssetoran awal minimal 100 ribu, tidak disediakan buku tabungan, tapi ada e-statement yang dikirimkan setiap bulan via email. Proses pembuatan kartu ATM customized, prosesnya selama 14 hari kerja dengan biaya 25 ribu. Limit tarik tunai hanya 5 juta per hari, biaya administrasi 5 ribu per bulan. Ada saldo blokir sebesar 50ribu. Ada fasilitas SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking (tetapi hanya bisa transaksi non finansial: cek saldo dan cek mutasi).

Setelah saya menerima penjelasan rekening tabungan BNI Taplus dan BNI Taplus Muda, saya memutuskan memilih BNI Taplus Muda. Pertimbangannya besaran transaksi yang saya perlukan belun terlalu besar, selain itu biaya administrasinya lebih hemat bagi saya. Mba Rien mengeluarkan formulir pembukaan rekening tabungan dan menjelaskan poin penting, serta bagian yang perlu ditandatangani. Proses pembuatan rekening berlangsung selama 30 menit.

Karena rekening tabungan BNI Taplus Muda tidak mendapatkan buku tabungan, maka sayapun diberikan selembaran rincian rekening untuk mengetahui nomor rekening BNI saya.

Kartu ATM BNI
Taplus Muda

Pada akhirnya Senin, 14 Agustus 2017 kartu ATM BNI Taplus Muda saya baru bisa diambil. Seharusnya 14 hari kerja jatuh pada Jumat, 11 Agustus 2017 kartu ATM saya sudah bisa diambil, tak apalah karena terkendala proses pengiriman kartu dari kantor pusat ke kantor cabang. Sayapun sekalian melakukan aktivasi SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking. Kali ini saya dibantu oleh customer service bernama mba Nurul.

Konversi Tabungan Otomatis Taplus Muda ke Taplus
Konversi Tabungan Otomatis
Taplus Muda ke Taplus

Dijelaskan bahwa pada saat usia saya 25 tahun, BNI Taplus Muda akan terkonversi otomatis menjadi BNI Taplus dengan fasilitas dan biaya yang disesuaikan. Pada BNI Taplus Muda fasilitas internet banking, tak bisa melakukan transaksi finansial.

Proses aktivasi berjalan lancar, hanya saja ada sedikit kendala saat proses aktivasi SMS banking BNI. Ternyata nomor Telkomsel Halo yang saya gunakan, sudah terdaftar layanan SMS Banking atas nama nasabah BNI lain. Kemungkinan nomor yang gunakan adalah nomor recycle dari pengguna lain, sehingga saya diminta menggunakan nomor handphone lainnya untuk registrasi SMS Banking. Proses aktivasi SMS Banking, Mobile Banking, dan Internet Banking akhirnya selesai. Kini saya sudah bisa menikmati promo menarik dari BNI.
Promo MCD dengan Kartu Debit BNI
Promo MCD dengan
Kartu Debit BNI

Catatan: Tulisan didasarkan pada pengalaman pribadi dan penjelasan kedua petugas customer service. Penulis tidak memiliki hubungan kerjasama dengan BNI dalam penulisan artikel ini.

Update informasi terbaru, bahwa BNI Taplus Muda akan terkonversi otomatis menjadi BNI Taplus pada usia 35 tahun. BNI Taplus Muda sudah tidak memiliki saldo mengendap lagi (alias saldo bisa sampai Rp0)

Komentar

  1. Gue juga udah make BNI, waktu payroll kantor sih, cuma sekarang jadi rekening buat tabungan aja. Wkwkwkwk.

    BalasHapus
  2. Kok gio masih under 25 ??
    Aku blm pernah pake BNI,tp skrg bnyak bgt nih promonya,tp aku trtarik BNI syariahnya aja kayakny.

    BalasHapus
  3. Oh jd BNI Taplus Muda bisa otomatis upgred ke BNI Taplus setelah usia 25 tahun. Yah aku udah kelewat dong, hahaha
    Pengen tahu juga yg BNI Syariah

    BalasHapus
  4. Aku pake BNI taplus aja selama ini, udah gak ke cover sama yg taplus muda haha. Wah kalau BNI Taplus Muda cocok banget buat anak sekolah yang mutasinya sedikit tetapi banyak saving, limitnya lumayan buat rem kita belanja belinji hehe

    BalasHapus
  5. Aku gagal fokus, Ko Gio masih bisa daftar taplus muda? Ternyata masih muda banget. 😂

    Aku daftar rekening yang taplus. Sayang, i banking ga bisa dipake krn e secure lupa diaktifkan waktu daftar. Kukira dah satu paket aktifin i banking. 😭

    BalasHapus
  6. Aku dulu jg dftr taplus muda. Biayanya lbh murah, tapi sekarang karena jarang digunakan ya jadinya skrng saldonya koit 😂

    BalasHapus
  7. Aku belum pernah sama sekali buka tabungan BNI. pingin buka sih tapi udah kebanyakan rekening. Nanti bingung ya duitnya mencar-mencar. #Eh

    BalasHapus
  8. Naah...komennya sama.
    Yang terbersit pertama kali adalaaaah....Ko Gio masih muda.
    Hiihii...selamat yaa. Ko.

    Karena membuka tabungan berarti awal menyusun segala impian yang berhubungan dengan finansial dan masa depan.
    Kalo boleh tau, kenapa milih BNI, Ko?

    Ada alasan kheusus kah?

    BalasHapus
  9. Aku blm punya pengalaman buka rekening di BANK, kata temanku administrasi bulanannya lebih mahal dari bank lain.

    Kalo ada BNi Syariah aku mau..tapi di kotaku blm ada..

    BalasHapus
  10. ATM customzed itu maksudnya bisa pakai foto kita sendiri untuk ATM nya?
    Eh diskonnya lumayan juga ya...45%. Itu untuk semua pengguna BNI ya?

    BalasHapus
  11. BNI taplus ini simpel ya dan administrasinya tidaklah mahal hanya 5000 apalagi sisa saldo yg ditahan cuman 15k lagi lumayan banget nih mau buka ah

    BalasHapus
  12. Jadi yg taplus muda itu buat yang under 25 ya mas?
    Saya blm kepikiran buka tabungan BNI hehe msh setia pakai bank yg biru itu. Tapi suami saya pakai BNI dulu buat payrollnya. Skrng udah kami jadikan tabungan bersama yg gk boleh diotak-atik hehe
    TFS infonya

    BalasHapus
  13. Masih nimbang2 buat rek BNI atau mgkn sekalian nanti buat tabungan anak kali ya

    BalasHapus
  14. sebenernya saya pingin pake taplus muda tapi karena umur tidak memungkinkan, jadi si aku ga punya bni yang biasa punyanya yang syariah

    pernah punya sih bni zaman kuliah tapi

    jadi pingin buka bni lagi setelah baca blog koko

    BalasHapus
  15. Aku belum punya tapi suami punya. Mau buka lagi,ntar kuatir jadi koleksi ya

    BalasHapus
  16. Waktu masih kerja, kantorku pake bni jga. Gak ribet dan gak pake lama ngurusnya

    BalasHapus
  17. Belum pernah coba pake BNI tapi sepertinya ga ada salahnya juga. Lumayan nih kalo jadi mimin olshop memang harus koleksi banyak rekening bank hehe

    BalasHapus
  18. Ko gio masih muda?
    Hihi

    Ku belum pernah punya BNI, heuu, jd kepengen bikin juga, biar lengkap rekeningnya, tapi isiin ya koooo haahahaha

    BalasHapus
  19. Nah iya,,, saya kalau milih tabungan, kartu kredit dan segala macama produk perbanakn itu ya mikir soal administrasinya juga. ada tabungan yang sengaja ga dibikinkan atmnya biar ga kesedot biaya adm.

    Bagus juga ya BNI taplus mudanya bisa upgrade otomatis jadi ga ribet. Kalau tidak mau upgrade dan tetap di taplus muda setelah umur 25 boleh ga koh?

    BalasHapus
  20. saya juga sudah menggunakan BNI Taplus sejak 5 bulan lalu ko Gio.. dan saat ini baru mengupayakan untuk diterima sebagai pengguna cc BNI.. lumayan promo cc bni banyak banget

    BalasHapus
  21. Cara menabungnya gimana om ? Kan tdk ada buku tabungannya ? Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup sebutkan nomor rekening saja. Saat buka rekening tabungan ada lembaran data nasabah, termasuk nomor rekening nasabah.

      Hapus
    2. Mau tanya mas, kalau misalnya di atm BNI taplus muda ini hilang atau ketelan, itu gimana ya ?

      Hapus
    3. kalau tertelan/hilang bisa diurus di kantor cabang BNI, kalau syarat-syaratnya bisa ditanyakan ke BNI Call.

      Hapus
  22. Saya memakai taplus muda.. setelah diupgrade ke taplus apakah rekeningnya tetap sm atau berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor rekeningnya tetap sama, hanya ada perubahan pada biaya administrasi.

      Hapus
  23. Kalo atm nya hilang gimana mas kalo nggak ada buku tabungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap bulan kita mendapatkan e-statement (rekening koran) yang dikirimkan ke email, hal itu sudah jadi bukti kepemilikan rekening pengganti buku tabungan.

      Jika memilih tanpa buku tabungan, saat terjadi kehilangan kartu ATM bisa diurus dengan menunjukan e-statement.

      Hapus
  24. Aku pakai bni sekarang jd malas. Mau aku tutup aja. Masak print buku harus 3 bulan sekali maksut nya apa. Kalau pedagang ya susah lah. Kadang kita mau cek duit buat mastiin kastamer kirim udah apa blm nya. Yg kedua gua ngk suka. Kalau orang pakai kartu kredit bni ke mesin kita. Masuk ke rekening kita lama bisa sebulan lebih. Kan kita jd curiga jd ribet. Kok beda sama bank lain. Kalau kita telpn alasan nya selalu ada.ngk mungkin kita telpn mulu. Cara kerja kurang bagus.

    BalasHapus
  25. Saya sudah punya bni taplus pegawai yang lamanya 18 tahunan, saya ingin meng update datanya karena no telp. Yang lama tidak ada no telpnya. Bagaimana caranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa datang ke kantor cabang BNI terdekat untuk update data.

      Hapus
  26. Bagaimana jika atmnya hilang atau tertelan di mesin atmny? Apakah uang bisa diambil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditarik melalui teller, tetapi akan diminta untuk melakukan pengurusan kartu ATM dahulu di kantor cabang.

      Hapus
  27. Balasan
    1. Setor tunai bisa di mesin setor tunai pakai kartu ATM. Kalau setoran di teller, tinggal sebutkan nomor rekening saja.

      Hapus
  28. Bagaimana caranya pindah dari BNI taplus gold ke BNI taplus muda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Taplus Muda jenis rekening berbeda dengan Taplus. Jika ingin menggunakan Taplus Muda saja, bisa buka dahulu Taplus Muda dan menutup rekening Taplus.

      Hapus
  29. saya pake produk bni taplus muda,nomor rekening nya emang yg 17 digit ya mas,soal nya waktu ortu mau transferin norek yg saya kasih katanya g muncul nama saya,norek taplus muda yg banyak angka 0 nya itu kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor rekening BNI Taplus Muda itu 10 digit terakhir dari yang tertera pada lembaran kertas yang diberikan petugas customer service.

      Hapus
  30. Apakah nanti kita tidak bisa buat buku untuk tabungan kita ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa, mutasi rekening (e-statement) dikirimkan ke email setiap bulannya.

      Hapus
  31. Kalau kita buka rekeningnya via ONLINE, gimana cara dapatkan kartu ATM nya?

    BalasHapus
  32. Mau tanya setelah buka rekening baru BNI taplus kn setoran 250ribu , setelah atmnya jadi apakah lngsung bisa di tarik uangnya, apa nunggu besoknya baru bisa di tarik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa ditarik hingga sisa Rp15.000, tetapi jika Taplus BNI baiknya selalu ada saldo minimal Rp150.000 untuk menghindari denda saldo di bawah rata-rata.

      Hapus
  33. Mau tanya jika ingin menutup rek taplus kemudian ganti taplus muda apakah nomer rek bisa sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengetahuan saya tidak bisa, dikarenakan berbeda jenis rekening tabungan.

      Hapus
  34. saya baru aja buka rekening taplus muda di kantor BNI cabang A. nah saya mau nanya, apakah bisa saya setor tunai di kantor BNI cabang B, sedangkan saya bikin rekeningnya di kantor BNI cabang A. mau setor tunai pakai atm, tapi ga nemu mesin atm yg bisa setor tunai soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, setoran bisa dilakukan di kantor cabang manapun. Nanti tinggal sebutkan nomor rekeningnya kepada teller.

      Hapus
  35. Kalau semisal kartu atm taplus muda tertelan mesin atm, bagaimana cara mengatasinya? Terlebih lagi tidak ada buku tabungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tertelan bisa diurus ke kantor cabang, lalu menjelaskan ke petugas Customer Service bahwa kartunya tertelan. Petugas CS bisa cek dari KTP nasabah untuk kepemilikan rekening yang dimiliki. Lalu membantu mengurus kartu ATM baru.

      Hapus
  36. Kalo sebelum 17th dah punya taplus anak, setelah 17th apa bisa otomatis ke taplus muda dg no rekening yg sama?..atau harus buka rekening lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti akan secara otomatis dikonversi dari Taplus Anak ke Taplus Muda dengan nomor rekening yang sama.

      Hapus
  37. Kak maaf... saya kok buat BNI Taplus Muda tapi ngga dapat kertas nya🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syarat nya apa aja kak, waktu buka rekening BNi taplus muda, ktp saja kah?

      terimakasih

      Hapus
    2. Apakah nomor rekening dituliskan pada kertas?

      Hapus
  38. Aku kok heran taplus muda gk dapet tabungan ternyata emang gk disediain

    BalasHapus
  39. Mesti nunggu 14 hari ya, saya bikin tanggal 22 september. Sampai sekarang (19 oktober) katanya masih belum jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung ketersediaan kartu ATM di kantor cabang. Bisa coba ditanyakan secara berkalau via telepon ke kantor cabang BNI.

      Hapus
  40. Saya baru buka rekening BNI taplus ?
    Saldo di rekening minimal nya tinggal brpa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih disarankan saldo yang disisakan sebesar Rp150.000 agar tidak terkena denda.

      Hapus
  41. Kalo BNI Taplus muda kalo mau ganti yg ada buku tabungannya bisa ? No rekening ganti apa tetep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika maksudnya konversi Taplus Muda ke Taplus bisa, maka akan mendapatkan buku tabungan.

      Hapus
  42. Kak,kalo nomor rekeningnya yg 16 digit atau yg 10 digit ya kak?

    BalasHapus
  43. Saya juga baru pakai rekening BNI, teller bilang wkt br daftar utk cetak atmnya 14 hr kerja, dr tgl 13 november 2020 sampe sekarang 2 desember 2020 blm ada, padahal uang transferan sdh banyak, mn pasword saya terblokir ,jd mau ambil uang tambah sulit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa coba lakukan pemeriksaan melalui telepon saja ke kantor cabang. Saya saat menunggu proses cetak kartu, beberapa kali telepon untuk konfirmasi.

      Hapus
  44. Tabungan bikin hancur masuarakat ini,dia cekek lebih banyak sudah saldonya limit di cekek habis lahi

    BalasHapus
  45. Kak sya kan pke bni taplus muda ga ada buku tabunganya. Nanti stelah upgrade ke bni taplus apakah dapat buku tabungan

    BalasHapus
  46. Balasan
    1. BNI Taplus dan BNI Taplus Muda berbeda. Kalau Taplus Muda 5ribu per bulan, Taplus Regular 15ribu (11ribu biaya admin + 4ribu biaya kartu ATM).

      Hapus
  47. minta info nya yang tahu dengan pertanyaan saya .
    saya sudah membuat BNI TAPLUS MUDA MOBILE BANKING secara online pertanyaan saya 🙏🙏
    1.setoran awal sebesar 100.000 apakah bisa dilakukan melalui transfer dari e-walet dana ?
    2 . apakah kita diharuskan ke bank untuk mendapatkan kartu ATM , bahkan jika kita tidak membutuhkan nya ..
    terimakasih

    BalasHapus
  48. Hai kak saya mau menanyakan. Mengapa di m banking saya ada 2 nomor rekening dengan saldo yang berbeda ya? Saya buka m banking setelah konversi dari BNI Taplus Muda ke BNI Taplus dengan nomor rekening yang sama. No rekening tersebut juga no cifnya sama. Itu bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu nasabah hanya punya satu CIF, berapa banyakpun rekening dimiliki pada suatu bank.

      Hapus
  49. BAGAI MANA SH CARA CARI TAU LUPA PIN

    BalasHapus
  50. Kenapa taplus muda setiap bulan dikenakan potongan 100.000

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela