Langsung ke konten utama

Mencoba Kartu Jak Lingko, Naik Transjakarta dan Angkot Hanya Rp 3.500

Setelah pada tahun lalu mencoba layanan OK-Otrip, pada tahun ini saya mencoba layanan Jak Lingko. Selain berganti nama dari OK-Otrip menjadi Jak Lingko, kabarnya cakupannya akan lebih luas lagi hingga transportasi berbasis rel.  Dikerenakan kartu OK-Otrip yang saya miliki hilang, maka saya harus membeli kartu kembali.

Kartu Jak Lingko Angkot Jakarta
Pembayaran Angkot dengan Kartu Jak Lingko

Saya mendatangi halte Tosari untuk membeli kartu Jak Lingko seharga Rp 10.000 (tanpa ada saldo). Kartu Jak Lingko yang saya dapatkan adalah kartu Tapcash, bekerjasama dengan BNI, sehingga bisa isi saldo di ATM dan EDC BNI. Namun, dikarenakan EDC BNI di halte Tosari sedang bermasalah, sehingga saya belum bisa mengisi saldo kartu Jak Lingko. Akhirnya saya melakukan pengisian saldo (Top Up) pada ATM BNI.

Kartu Jak Lingko bekerjasama dengan BNI
Kartu Jak Lingko bekerjasama dengan BNI

Pada 18 Januari 2019 saya mencoba kartu Jak Lingko. Setelah melakukan perjalanan dengan KRL sampai Stasiun Pesing, saya berjalan kaki menuju Halte Transjakarta Indosiar. Saya melakukan Tap In pada pukul 10.50 dan dikenakan tarif Rp 3.500, sampailah saya di Halte Transjakarta Kebon Jeruk pada pukul 11.14. (Kemudian saya menggunakan ojek online untuk menuju Nasi Gandul Bu Endang di Jalan Pesanggrahan, Jakarta Barat)

Halte Transjakarta Kebon Jeruk
Halte Transjakarta Kebon Jeruk

Setelah selesai menikmati Nasi Gandul, tujuan selanjutnya adalah Central Park Mall. Saat berjalan keluar dan menyusuri Jalan Pesanggrahan, terlihat ada angkot berwarna merah dengan stiker "OK30" Meruya-Citraland. Jadi terpikir untuk mencoba naik angkot dengan kartu Jak Lingko, awalnya supir angkot memastikan memiliki kartu untuk pembayaran.

Angkot OK 30 Meruya-Citraland
Angkot OK 30 Meruya-Citraland

Suasana Angkot Meruya-Citraland
Suasana Angkot Meruya-Citraland

Saya masuk ke dalam angkot dan menyerahkan kartu Jak Lingko kepada supir. Kemudian ditempelkan pada alat Tap In yang ada di sebelah kiri supir. Perjalanan dari Jalan Pesanggarahan sampai di samping Citraland (Mal Ciputra) sekitar 24 menit, pada pukul 12.10 hingga 12.34. 

Tempat Penurunan Penumpang Angkot Meruya-Citraland

Perjalanan dari samping Citraland menuju Citraland dilanjutkan dengan berjalan kaki, mampir sejenak ke Hero untuk membeli minuman.  Pada pukul 12.50 saya sampai di Halte Transjakarta Grogol 2, kemudian iseng cek saldo di dekat loket, saldo pun belum berkurang lagi.

Pemandangan dari Halte Grogol 2

Kemudian Tap In untuk masuk ke dalam halte, saldo pun juga belum berkurang lagi pada pukul 12.55. Berjalan pada halte arah ke Pinang Ranti/PGC untuk menunggu bus, lalu turun di Halte S.Parman Podomoro City. Sampailah saya di dalam Central Park Mall pada pukul 13.10.  Perjalanan saya menggunakan dua kali Transjakarta dan satu kali angkot, cukup dengan membayar tarif sebesar Rp 3.500 (selama belum melewati durasi 3 jam).

Kesimpulan:

Pengalaman menggunakan Kartu Jak Lingko, sementara waktu ini masih sama dengan menggunakan kartu OK-Otrip. Namun, pada kesempatan kali ini, saya mencoba naik angkot yang hanya menerima pembayaran dengan kartu elektronik. Untuk rute Indosiar-Kebon Jeruk, Pesanggrahan-Citraland, dan Grogol 2-S.Parman Podomoro City dengan tarif Rp 3.500 cukup hemat.

Harapannya kartu Jak Lingko bekerjasama dengan bank lainnya juga. Sehingga memudahkan masyarakat memilih kartu bank. Termasuk kemudahan isi ulang saldo, sesuai rekening bank yang dimiliki oleh masing-masing orang. Penjualan kartu Lingko mungkin bisa lebih banyak tempat, saya perhatikan dari informasi di Twitter, baru tersedia pada halte tertentu.

Komentar

  1. Balasan
    1. Kartu Jak Lingko yang BNI bisa digunakan sebagai e-ticket KRL, tetapi berlaku tarif normal ya.

      Hapus
    2. tarif normal 3500 y om william? klo tdk normal brp? saya baru saja beli jaklingko yg BNI

      Hapus
  2. Mau tanya. Kartu Jak Lingko Tap Cash bisa untuk dijadikan e-toll dan belanja di tempat yang support tap cash ngga?
    Kalau ada limitasi dibandingkan tap cash biasa, apa saja itu?
    Trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada perbedaan penggunaan JakLingko TapCash dengan Tapcash BNI regular untuk penggunaan lainnya.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Bisa digunakan untuk tempat parkir yang menerima pembayaran TapCash BNI.

      Hapus
  4. cara isi ulang di atm bni gmn sih mksdnya? mohon penjelasannya

    BalasHapus
  5. Kalo buat kapal laut yang menyebrang ke sumatra gimana,bisa gk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, pada kartu JakLingko yang terdapat logo BNI pada bagian belakang kartu.

      Hapus
  6. apakah kartu Tap Cash BNI sama dengan kartu Jack Lingko? apakah tap kartu tap cash BNI dapat digunakan di angkutan jack lingko? dan apakah tarifnya sama dengan kartu jack lingko?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbeda, sekalipun kartu JakLingko menggunakan TapCash BNI tetapi ada perbedaan sistem tarif yang dikenakan.

      Hapus
  7. Pak William, saya pengguna TapCash BNI sudah lama, kartu ini biasa sy pakai untuk transJakarta, KRL, toll dan belanja di minimart... Tapi ketika sy naik angkot yg pembayaran menggunakan kartu jakLingko kartu TapCash sy tertolak dan harus membeli kartu jakLingko...

    Mohon penjelasan apa benar TapCash BNI tidak berlaku untuk angkot? Sedangkan transportasi lainnya bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Merujuk pada jawaban dari akun media sosial Transjakarta jawabannya bisa.

      Namun, memang pada angkot sistem tarif yang diterapkan berbeda antara TapCash biasa dan kartu JakLingko.

      Hapus
    2. Bedany gmn mas? Kl pake bni tap cash tarif normal gt bkn 3.500?

      Hapus
    3. mbak nya belanja pake tap cash di minimarket mana, saya coba ke beberapa minimarket, *nd*m**et - **fam*rt, **ws** ko pada ga bisa ya..alasannya ga ada alatnya. Tolong infoin tempat yang pernah mbak coba donk..makasih

      Hapus
    4. Di FamilyMart bisa, pada dasarnya kartu TapCash BNI.

      Hapus
  8. Pengisian tunai apa bisa di indomart/alfamart

    BalasHapus
  9. karku jak lingko
    naik tanranjakarta bisa kreta bisa itu pembayarannya gimana apa gratis selamanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang bisa digunakan adalah JakLingko keluaran BNI, pada dasarnya kartu TapCash bisa digunakan di KRL. Tarif yang berlaku adalah tarif normal KRL.

      Hapus
  10. Ga bs dipske blanja di slruh indonesia, cm sbatas naik agkot DKI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asalkan kartu yang dikeluarkan BNI. Pada dasarnya adalah kartu TapCash.

      Hapus
  11. Apa perbedaan kartu jaklingko keluaran Bank DKI dan BNI pak/buk ? Mohon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbedaannya pada bank penerbit, bisa dipilih sesuai rekening bank atau gerai isi ulang yang lebih mudah diakses.

      Hapus
  12. Kalau isi saldo nya kosong bisa di pake ga, kan tarif nya 0

    BalasHapus
  13. Kalo pake jaklingko ingin naik busway harus isi saldo apa sudah gratis pak?

    BalasHapus
  14. Kalau kartu jak lingko,bisa top up di loket Transjakarta ngga..?

    BalasHapus
  15. Kak mau tanya jika pakai nya tapcash bni biasa (bukan jakligko) apakah bisa? Dan tarifnya apa Rp. 0,- ?

    BalasHapus
  16. Bisa tidak isi ulang saldo Jak Lingko di bank BNI langsung

    BalasHapus
  17. Bang saya mau tanya kalo kartu jaklingko tapcash BNI buat kayak belanja di Alfamart atau Indomaret bisa g ya mas

    BalasHapus
  18. Bang saya mau tanya kalo kartu jaklingko tapcash BNI buat kayak belanja di Alfamart atau Indomaret bisa g ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah coba dan bisa. Pada dasarnya kartu terbitan BNI. Namun, bisa saja tidak karena ada gangguan pada mesin EDC.

      Hapus
  19. Halo bang, saya punya tapcash BNI non jaklingko. Biasanya saya pake kartu ini buat naik busway aja. Saya mau nanya apakah kartu yang saya punya ini bisa dipake untuk naik jaklingko juga?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela