Langsung ke konten utama

Rencanakan Liburan Eksotis, Tanpa Membuat Dompet Menipis

Liburan saat ini seakan-akan sudah menjadi sebuah kebutuhan, setelah sibuk dengan rutinitas harin dengan menyelesaikan berbagai tugas dan pekerjaan. Namun, terkadang keterbatasan budget menjadi kendala untuk mewujudkan rencana liburan di tempat wisata eksotis. Terlebih beberapa waktu terakhir ada kenaikan harga tiket pesawat dan kebijakan bagasi berbayar, tetapi tak perlu cemas ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyiasati hal tersebut.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perencanaan Liburan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat rencana perjalanan, hal sederhana yang kadang terlupakan. Sebagian orang ada yang menyukai dadakan liburan, padahal dengan membuat rencana dari jauh-jauh hari, bisa dapat harga tiket pesawat dan hotel yang terbaik. Selain itu pastikan waktu liburan, apakah berdekatan dengan perayaan tertentu di suatu daerah. Sehingga bisa turut menikmati perayaan juga.

Pengalaman Liburan di Bali
Pengalaman Liburan di Bali

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah harga tiket pesawat. Dengan nembeli tiket pesawat jauh-jauh jari bisa mendapatkan harga tiket pesawat dengan harga terjangkau. Berdasarkan pengalam pribadi tiket pesawat Garuda Indonesia dari Solo-Jakarta (CGK) saya dapatnya hany dengan seharga 500ribuan, pemesanan dilakukan dua bulan sebelum keberangkatan.

Pada sehari sebelum keberangkatan saya iseng memeriksa harga tiket, ternyara sudah mencapai sebesar 1,25 juta. Ada selisih harga sekitar 700ribuan yang bisa saya hemat, melalui pemesanan dari jauh-jauh hari. Lumayan sekali, selisihnya bisa dialokasikan untuk berinvestasi.

Hal ketiga yang perlu diperhatikan adalah barang bawaan, dikarenakan ada kebijakan bagasi berbayar pada suatu maskapai. Sesuaikan berat barang bawaan, jangan sampai melebihi ketentuan. Akan lebih nyaman jika memilih jenis maskapai penerbangan yang masih memberikan kuota gratis bagasi, sehingga tidak perlu repot memikirkan perihal biaya tambahan untuk bagasi berbayar.

Hal keempat yang perlu diperhatikan adalah penginapan. Pilih  jenis penginapan yang  yang berada di tempat strategis, sehingga memudahkan untuk bepergian menuju tempat-tempat yang direncanakan. Pastikan juga memesan sejak jauh-jauh hari, sehingga bisa mendapatkan kamar hotel dengan harga terbaik.

Suasana Antrian Diskon Travel Fair
Suasana Antrian Diskon Travel Fair

Hal kelima yang perlu diperhatikan adalah manfaatkan penawaran promosi. Rajin-rajinlah mencari informasi penawaran promosi, terlebih pada saat adanya travel fair, baik offline travel fair ataupun online travel fair. Sehingga mendapatkan harga tiket pesawat dan hotel terbaik, jangan terlupa juga untuk membeli asuransi perjalanan ya!

Rencana Liburan Wisata Eksotis di Nusa Penida

Rencananya tahun ini saya akan liburan di Bali, terakhir kali pada dua tahun lalu. Namun, kali ini saya ingin mencoba pengalaman berbeda berwisata ke Nusa Penida, Bali. Nusa Penida sudah menjadi tujuan wisata utama di Bali, lokasi pulau Nusa Penida pada sebelah Tenggara Bali, berdampingan dengan pulau lainnya: Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.

Hal yang unik dari Pulau Nusa Penida adanya tarian Rejang Dewa yang melibatkan 1.000 penari, selain itu ada berbagai kegiatan menarik lainnya. Mulai dari lomba sampan, lomba busana adat, lomba pembuatan miniatur perahu, dan penanaman terumbu karang.

Terdapat banyak tebing dan perbukitan yang membuat suasana unik dan eksotis di Nusa Penida.Terdapat beberapa tempat wisata di Nusa Penida yang perlu dikunjungi:

-Angel's Billabong berada pada ujung sungai dengan air yang jernih. Dengan pemandangan yang indah dikarenakan adanya dinding batu karang yang berbeda warna, seperti kuning kehijauan sehingga menjadi tempat favorit untuk berfoto. Tak heran karena keindahannya maka tempat ini dikenala sebagai sebagai “bidadarinya Nusa Penida.”

Angel's Billabong Nusa Penida

-Pantai Paih Uug (Broken Beach) terdapat dua tebing yang menyatu membentuk terowongan air. Terlihat sekilas membelah air laut menjadi dua, keunikan inilah yang menarik untuk dikunjungi.

Pantai Paih Uug (Broken Beach) Nusa Penida

-Pantai Atuh terdapat hamparan pasir putih yang bersih dan halus, lokasinya dikeliling tebing tinggi. Untuk menjangkaunya perlu menuruni ratusan anak tangga, tempat yang bisa dimanfaatkan untuk tempat berkemah atau sekadar bersantai sambil memancing.


Pantai Atuh Nusa Penida

Paket Wisata Menjadi Solusi Liburan Eksotis yang Mudah dan Hemat.

Untuk sampai di Nusa Penida cukup mudah dari Pantai Sanur, sehingga diperlukan transportasi menggunakan kapal cepat (fast boat) ataupun kapal tradisional. Jika tidak ingin repot  mencari tiket pesawat, hotel, dan kapal cepat (fast boar) secara terpisah, kita bisa manfaatkan paket wisata ke Nusa Penida Traveloka yang bisa dengan mudah ditemukan dari smartphone.

Tak hanya memberikan kemudahan saja, tetapi harga yang dibayarkan pun menjadi lebih hemat dibandingkan membeli secara terpisah. Bahkan kita tetap bisa memodifikasi paket wisat sesuai dengan keinginan kita, sehingga rencana liburan eksotis ke Nusa Penida bisa diwujudkan tanpa membuat dompet menipis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela