Kamis, 23 Juli 2020

Pengalaman Membuka Rekening TabunganKu CIMB Niaga

Sejak lama saya sudah menggunakan Rekening Ponsel CIMB Niaga melalui aplikasi OCTO Mobile karena ada berbagai promo menarik. Zaman dahulu ada promo diskon tiket nonton, kalau saat ini lebih banyak promo diskon di e-commerce. Namun, ada beberapa promo yang bisa didapatkan jika sumber dana dari rekening tabungan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening CIMB Niaga, setelah mencari tahu saya memilih rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Setelah saya mencari tahu informasi melalui website dan akun media sosial CIMB Niaga. Saya diberitahukan bahwa pembukaan rekening TabunganKu CIMB Niaga hanya bisa dilakukan di kantor cabang, tidak bisa secara online melalui aplikasi. Kemudian mencari tahu persyaratan untuk membuka rekening dengan membawa KTP dan NPWP.

Sesampainya saya di kantor cabang saya diarahkan satpam menuju lantai 2 untuk menuju customer service. Saya diarahkan untuk mengisi formulir pembukaan rekening dengan data-data pribadi, ada petugas lain yang membantu fotokopi KTP dan NPWP saya. Setelah formulir pembukaan rekening saya isi dengan lengkap, baru kemudian saya diberikan nomor antrean Customer Service.

Pembukaan Rekening TabunganKu CIMB Niaga di Kantor Cabang
Pembukaan Rekening TabunganKu CIMB Niaga di Kantor Cabang

Setelah menunggu sekitar satu jam, akhirnya nomor antrean saya dipanggil oleh petugas Customer Service. Saya menyerahkan formulir pembukaan rekening yang sudah saya isi, lalu petugas Customer Service menjelaskan beberapa produk rekening tabungan CIMB Niaga.

Saya tetapi memilih rekening TabunganKu CIMB Niaga karena saldo minimalnya hanya Rp20.000 saja dan bebas biaya administrasi bulanan. Sekalipun memang tidak mendapatkan Poin Xtra, manfaat free transfer ke bank lain dan tarik tunai di ATM bank lain. Kebetulan tak jauh dari rumah ada ATM CIMB Niaga, sehingga rasanya saya akan jarang tarik tunai di bank lain dengan kartu ATM CIMB Niaga.

Petugas Customer Service melakukan konfirmasi data pribadi yang saya isi pada formulir pembukaan rekening, kemudian meminta saya menandatangi formulir pembukaan rekening di atas materai. Kebetulan karena saya tidak bawa materai, jadinya bayar biaya materai sebesar Rp6.000 ke petugas.

Setelah rekening TabunganKu selesai dibuat petugas Customer Service meminta saya mempersiapkan enam digit angka untuk pembuatan PIN kartu ATM. Kartu ATM yang saya dapatnya berlogo MasterCard untuk rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Kartu ATM TabunganKu CIMB Niaga
Kartu ATM TabunganKu CIMB Niaga

Petugas menjelaskan agar saya menjaga kerahasian nomor kartu, khususnya tiga digit nomor pada belakang kartu karena kartu ATM berlogo MasterCard CIMB Niaga bisa digunakan untuk berbelanja online. Pada kartu ATM CIMB Niaga juga tertera kode cabang.

Kemudian petugas Customer Service menawarkan bantuan untuk aktivasi layanan mobile banking OCTO Mobile untuk rekening TabunganKu.  Petugas Customer Service memeriksa data di sistem dan mengetahui bahwa saya sudah pernah pakai OCTO Mobile untuk akses Rekening Ponsel, sehingga saya juga dibantu untuk upgrade Rekening Ponsel ke Full Service. Setelah saya login ke kembali ke aplikasi OCTO Mobile sudah tampil nomor rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Kemudian petugas Customer Service menanyakan perihal setoran awal minimal Rp20.000, saya menyerahkan Rp106.000: Rp100.000 untuk setoran awal dan Rp6.000 untuk biaya materai. Saya diminta menunggu dikarenakan setoran awal dan biaya materai disetorkan ke teller oleh petugas Customer Service. Setelah itu saya diminta memerika mutasi rekening melalui aplikasi OCTO Mobile dan petugas Customer Service menyerahkan slip setoran awal ke rekening saya.

Ada hal yang kurang rasanya, tak ada buku tabungan yang diberikan dan saya menanyakan kepada petugas. Petugas Customer Service menjelaskan bahwa CIMB Niaga sudah tidak memberikan buku tabungan lagi, tetapi ada e-statement yang dikirimkan setiap bulannya. Jika transaksi di kantor cabang cukup menunjukan kartu ATM CIMB Niaga saja. Sehingga tak perlu repot untuk menyimpan dan membawa buku tabungan saat transaksi.

Akhirnya selesailah proses pembukaan rekening, upgrade Rekening Ponsel, dan aktivasi OCTO Mobile untuk rekening TabunganKu dalam waktu sekitar 30 menit yang dibantu petugas Customer Service. Kini saya lebih dapat merasakan lebih banyak promosi menarik yang ditawarkan CIMB Niaga.


3 komentar:

  1. kok aku kmrn bikin TabunganKu CIMB dikasihnya gpn yaa bykan mastercard? biar dpt mastercard gmn kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perihal jenis kartu ATM TabunganKu bergantung pada kebijakan kantor cabang CIMB Niaga. Mungkin bisa coba ganti pada kantor cabang lain.

      Hapus