Langsung ke konten utama

Pengalaman Membuka Rekening TabunganKu CIMB Niaga

Sejak lama saya sudah menggunakan Rekening Ponsel CIMB Niaga melalui aplikasi OCTO Mobile karena ada berbagai promo menarik. Zaman dahulu ada promo diskon tiket nonton, kalau saat ini lebih banyak promo diskon di e-commerce. Namun, ada beberapa promo yang bisa didapatkan jika sumber dana dari rekening tabungan. Akhirnya saya memutuskan untuk membuka rekening CIMB Niaga, setelah mencari tahu saya memilih rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Setelah saya mencari tahu informasi melalui website dan akun media sosial CIMB Niaga. Saya diberitahukan bahwa pembukaan rekening TabunganKu CIMB Niaga hanya bisa dilakukan di kantor cabang, tidak bisa secara online melalui aplikasi. Kemudian mencari tahu persyaratan untuk membuka rekening dengan membawa KTP dan NPWP.

Sesampainya saya di kantor cabang saya diarahkan satpam menuju lantai 2 untuk menuju customer service. Saya diarahkan untuk mengisi formulir pembukaan rekening dengan data-data pribadi, ada petugas lain yang membantu fotokopi KTP dan NPWP saya. Setelah formulir pembukaan rekening saya isi dengan lengkap, baru kemudian saya diberikan nomor antrean Customer Service.

Pembukaan Rekening TabunganKu CIMB Niaga di Kantor Cabang
Pembukaan Rekening TabunganKu CIMB Niaga di Kantor Cabang

Setelah menunggu sekitar satu jam, akhirnya nomor antrean saya dipanggil oleh petugas Customer Service. Saya menyerahkan formulir pembukaan rekening yang sudah saya isi, lalu petugas Customer Service menjelaskan beberapa produk rekening tabungan CIMB Niaga.

Saya tetapi memilih rekening TabunganKu CIMB Niaga karena saldo minimalnya hanya Rp20.000 saja dan bebas biaya administrasi bulanan. Sekalipun memang tidak mendapatkan Poin Xtra, manfaat free transfer ke bank lain dan tarik tunai di ATM bank lain. Kebetulan tak jauh dari rumah ada ATM CIMB Niaga, sehingga rasanya saya akan jarang tarik tunai di bank lain dengan kartu ATM CIMB Niaga.

Petugas Customer Service melakukan konfirmasi data pribadi yang saya isi pada formulir pembukaan rekening, kemudian meminta saya menandatangi formulir pembukaan rekening di atas materai. Kebetulan karena saya tidak bawa materai, jadinya bayar biaya materai sebesar Rp6.000 ke petugas.

Setelah rekening TabunganKu selesai dibuat petugas Customer Service meminta saya mempersiapkan enam digit angka untuk pembuatan PIN kartu ATM. Kartu ATM yang saya dapatnya berlogo MasterCard untuk rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Kartu ATM TabunganKu CIMB Niaga
Kartu ATM TabunganKu CIMB Niaga

Petugas menjelaskan agar saya menjaga kerahasian nomor kartu, khususnya tiga digit nomor pada belakang kartu karena kartu ATM berlogo MasterCard CIMB Niaga bisa digunakan untuk berbelanja online. Pada kartu ATM CIMB Niaga juga tertera kode cabang.

Kemudian petugas Customer Service menawarkan bantuan untuk aktivasi layanan mobile banking OCTO Mobile untuk rekening TabunganKu.  Petugas Customer Service memeriksa data di sistem dan mengetahui bahwa saya sudah pernah pakai OCTO Mobile untuk akses Rekening Ponsel, sehingga saya juga dibantu untuk upgrade Rekening Ponsel ke Full Service. Setelah saya login ke kembali ke aplikasi OCTO Mobile sudah tampil nomor rekening TabunganKu CIMB Niaga.

Kemudian petugas Customer Service menanyakan perihal setoran awal minimal Rp20.000, saya menyerahkan Rp106.000: Rp100.000 untuk setoran awal dan Rp6.000 untuk biaya materai. Saya diminta menunggu dikarenakan setoran awal dan biaya materai disetorkan ke teller oleh petugas Customer Service. Setelah itu saya diminta memerika mutasi rekening melalui aplikasi OCTO Mobile dan petugas Customer Service menyerahkan slip setoran awal ke rekening saya.

Ada hal yang kurang rasanya, tak ada buku tabungan yang diberikan dan saya menanyakan kepada petugas. Petugas Customer Service menjelaskan bahwa CIMB Niaga sudah tidak memberikan buku tabungan lagi, tetapi ada e-statement yang dikirimkan setiap bulannya. Jika transaksi di kantor cabang cukup menunjukan kartu ATM CIMB Niaga saja. Sehingga tak perlu repot untuk menyimpan dan membawa buku tabungan saat transaksi.

Akhirnya selesailah proses pembukaan rekening, upgrade Rekening Ponsel, dan aktivasi OCTO Mobile untuk rekening TabunganKu dalam waktu sekitar 30 menit yang dibantu petugas Customer Service. Kini saya lebih dapat merasakan lebih banyak promosi menarik yang ditawarkan CIMB Niaga.


Komentar

  1. kok aku kmrn bikin TabunganKu CIMB dikasihnya gpn yaa bykan mastercard? biar dpt mastercard gmn kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perihal jenis kartu ATM TabunganKu bergantung pada kebijakan kantor cabang CIMB Niaga. Mungkin bisa coba ganti pada kantor cabang lain.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Harus menggunakan NPWP dari orang tua beserta E-KTP orang tua

      Hapus
  3. Ini dapat buku rekening ga ya atau hanya dapat kartu atm saja?

    BalasHapus
  4. Apakah ada seri atm yg di awali dgn seri 5579

    BalasHapus
  5. Halo kak izin tanya ini bukan syariah kah? Soalnya aku non muslim :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. CIMB Niaga itu bank konvensional. TabunganKu juga produk bank konvensional.

      Hapus
    2. Bantu menjawab.

      Bisa buka rekening Tabunganku yang Syariah mas Bayu. Tinggal bilang ke cs kalau buka Tabunganku yang Syariah. Hampir semua cabang CIMB Niaga melayani pembukaan rekening syariah

      Hapus
    3. Bisa iB, bisa konvensional juga kak.

      Hapus
  6. Setoran awal untuk pembuatan rekening ponsel brp ya ?

    BalasHapus
  7. Klu buka rekening ponsel pengambilan kartu ATM nya gimana ya?

    BalasHapus
  8. Ini sistemnya seperti BNI Taplus muda gak pake buku rek, melainkan e-statement dikirim via Gmail sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa bank memang punya produk tanpa buku tabungan. Misalnya, Tahapan Xpresi BCA dan Tabungan Mandiri Now. e-Statement bisa didownload atau dikirimkan melalui email.

      Hapus
  9. Salam. Rec tabungan ku gk bs login ke ockto mobile-nya knp yah mas. Jd yah Semenjak punya buka Rec tabunganku saya gk bs login octomobile nya .apa emng gk bisa apa yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu buka rekening Tabunganku, tidak dibantu aktivasi oleh customer service? Bisa coba, telepon ke call center, agar diperiksa.

      Hapus
  10. bang ini maksimal penyimpanan nya sampe berapa si?. terus apa bisa diupgrade. soal nya saya gk mau bikin2 lagi..

    BalasHapus
  11. Januari 2022, saya buka rekening Tabungan ku CIMB Niaga, karena katanya gratis transfer ke bank lain, tapi ternyata, kena biaya rp 6500

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang gratis transfer itu rekening OCTO Savers, bukan TabunganKu. Saya dijelaskan oleh petugas customer service.

      Hapus
    2. Aku cb 1x bikin rek ini ditolak, karena gak bw ektp sm KK ortu, aku kan status blm bekerja, jadi harus bawa dokumen identitas yg ngasih dana 😅 agak strict CS nya hihi smp hari ini belom lagi ngulang buat buka rek nya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela