Senin, 20 Juni 2022

Datang ke RUPS Tahunan Unilever, Pulangnya Serasa Belanja di Supermarket

Pada kesempatan kali ini, saya menghadiri RUPS Tahunan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Rapat berlangsung pada Rabu, 15 Juni 2022 di ICE BSD. Pengalaman menghadiri RUPS yang agak berbeda, jika dibandingkan RUPS perusahaan lainnya.

Hadir pada RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Hadir pada RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Pukul 08.00 saya sudah di ICE BSD, terlihat sudah ramai dengan para pemegang saham yang hadir. Saya diminta menunjukan KTP asli, dikarenakan ada keperluan verifikasi status sebagai pemegang saham oleh Biro Administrasi Efek (BAE). Setelah statusnya tervalidasi, saya diberikan nomor antrean dan diizinkan memasuki ruangan.

Setelah itu barang bawaan diperiksa oleh petugas satpam ICE BSD. Saya dipersilakan menuju meja pendaftaran, lalu menyerahkan nomor antrean dan fotokopi KTP. Saya diminta menunggu sekitar 20 menit, karena memang investor yang hadir cukup banyak. Setelah itu nama saya dipanggil, lalu diberikan landyard dengan namateg "Pemegang Saham".

Nametag Pemegang Saham Unilever Indonesia.jpg
Nametag Pemegang Saham Unilever Indonesia


RUPS Tahunan direncanakan akan mulai pukul 09.30. Para pemegang saham yang hadir, bisa duduk menunggu atau berkeliling booth yang disediakan oleh Unilever Indonesia. Sehingga bisa mengenal lebih dekat, inovasi dan produk terbaru yang ada saat ini.

 Booth Perkembangan dan Inovasi Unilever Indonesia


Jelang pukul 09.30 pemegang saham dipersilakan memasuki ruangan rapat. RUPS Tahunan akhirnya dimulai pukul 09.50 dipimpin oleh Pak Hemant Bakshi, Presiden Komisaris Unilever Indonesia. Dilanjutkan dengan pemaparan singkat kinerja  perusahaan dan mata acara rapat oleh anggota direksi.



Suasana RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Suasana RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Terdapat beberapa mata acara rapat yang dibahas dan memerlukan persetujuan RUPS:

1. Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan dan Persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan 

2. Penetapan penggunaan laba Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021. Usulan dari perusahaan pembagian dividen senilai Rp150 per lembar. Sudah dibagikan pada Rp66 sebagai dividen interim, sehingga tersisa Rp84 yang dibagikan sebagai dividen final.

3. Persetujuan atas penunjukan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik 

4a. Persetujuan atas rencana perubahan susunan Direksi Perseroan

b. Penetapan remunerasi para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan


Setelah semua mata acara rapat dibahas dan memperoleh persetujuan mayoritas pemegang saham. RUPS Tahunan ditutup pada pukul 11.36, para pemegang saham dipersilakan meninggal ruangan. Saat keluar dari ruangan terlihat sudah ada antrean, penukaran lanyard "Pemegang Saham".


Souvenir RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Souvenir RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Saya ikut antre dengan tertib, lalu menerima sebuah sebuah berisikan produk-produk Unilever. Ada Rinso, Sunlight, Lifebouy, Kecap Bango, Royco, Es Krim Magnum, Es Krim Cornetto, Wipol, Superpel, Pepsodent, CloseUp, Vaseline, Sunsilk, Love and Beauty Planet, dan Rexon. Usai menghadiri RUPS Tahunan Unilever Indonesia, saya serasa habis pulang dari supermarket.


2 komentar:

  1. RUPS rasa grocery ya ini mah.. seru banget! Sebagai pengguna produk-produk Unilever kumerasa ingin ikutan antri buat beli semua

    BalasHapus
  2. Woooaaah banyak banget souvenir yang dibawa pulangnya kak, lumayan banget itu jadi ga belanja bulanan

    BalasHapus