Langsung ke konten utama

Datang ke RUPS Tahunan Unilever, Pulangnya Serasa Belanja di Supermarket

Pada kesempatan kali ini, saya menghadiri RUPS Tahunan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Rapat berlangsung pada Rabu, 15 Juni 2022 di ICE BSD. Pengalaman menghadiri RUPS yang agak berbeda, jika dibandingkan RUPS perusahaan lainnya.

Hadir pada RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Hadir pada RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Pukul 08.00 saya sudah di ICE BSD, terlihat sudah ramai dengan para pemegang saham yang hadir. Saya diminta menunjukan KTP asli, dikarenakan ada keperluan verifikasi status sebagai pemegang saham oleh Biro Administrasi Efek (BAE). Setelah statusnya tervalidasi, saya diberikan nomor antrean dan diizinkan memasuki ruangan.

Setelah itu barang bawaan diperiksa oleh petugas satpam ICE BSD. Saya dipersilakan menuju meja pendaftaran, lalu menyerahkan nomor antrean dan fotokopi KTP. Saya diminta menunggu sekitar 20 menit, karena memang investor yang hadir cukup banyak. Setelah itu nama saya dipanggil, lalu diberikan landyard dengan namateg "Pemegang Saham".

Nametag Pemegang Saham Unilever Indonesia.jpg
Nametag Pemegang Saham Unilever Indonesia


RUPS Tahunan direncanakan akan mulai pukul 09.30. Para pemegang saham yang hadir, bisa duduk menunggu atau berkeliling booth yang disediakan oleh Unilever Indonesia. Sehingga bisa mengenal lebih dekat, inovasi dan produk terbaru yang ada saat ini.

 Booth Perkembangan dan Inovasi Unilever Indonesia


Jelang pukul 09.30 pemegang saham dipersilakan memasuki ruangan rapat. RUPS Tahunan akhirnya dimulai pukul 09.50 dipimpin oleh Pak Hemant Bakshi, Presiden Komisaris Unilever Indonesia. Dilanjutkan dengan pemaparan singkat kinerja  perusahaan dan mata acara rapat oleh anggota direksi.



Suasana RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Suasana RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Terdapat beberapa mata acara rapat yang dibahas dan memerlukan persetujuan RUPS:

1. Pengesahan Laporan Keuangan Perseroan dan Persetujuan atas Laporan Tahunan Perseroan 

2. Penetapan penggunaan laba Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021. Usulan dari perusahaan pembagian dividen senilai Rp150 per lembar. Sudah dibagikan pada Rp66 sebagai dividen interim, sehingga tersisa Rp84 yang dibagikan sebagai dividen final.

3. Persetujuan atas penunjukan Akuntan Publik dan/atau Kantor Akuntan Publik 

4a. Persetujuan atas rencana perubahan susunan Direksi Perseroan

b. Penetapan remunerasi para anggota Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan


Setelah semua mata acara rapat dibahas dan memperoleh persetujuan mayoritas pemegang saham. RUPS Tahunan ditutup pada pukul 11.36, para pemegang saham dipersilakan meninggal ruangan. Saat keluar dari ruangan terlihat sudah ada antrean, penukaran lanyard "Pemegang Saham".


Souvenir RUPS Tahunan Unilever Indonesia
Souvenir RUPS Tahunan Unilever Indonesia

Saya ikut antre dengan tertib, lalu menerima sebuah sebuah berisikan produk-produk Unilever. Ada Rinso, Sunlight, Lifebouy, Kecap Bango, Royco, Es Krim Magnum, Es Krim Cornetto, Wipol, Superpel, Pepsodent, CloseUp, Vaseline, Sunsilk, Love and Beauty Planet, dan Rexon. Usai menghadiri RUPS Tahunan Unilever Indonesia, saya serasa habis pulang dari supermarket.


Komentar

  1. RUPS rasa grocery ya ini mah.. seru banget! Sebagai pengguna produk-produk Unilever kumerasa ingin ikutan antri buat beli semua

    BalasHapus
  2. Woooaaah banyak banget souvenir yang dibawa pulangnya kak, lumayan banget itu jadi ga belanja bulanan

    BalasHapus
  3. Ya Allah banyak banget itu Gio souvenirnya, benar banget pulang serasa habis belanja padahal acaranya serius ya ini. Rejeki deh!

    BalasHapus
  4. Masya Allah alhamdulillah ya ,benar adanya kayak pulang belanja ini, bukan hadir di acara yang notabene serius. Rejeki ya

    BalasHapus
  5. Bisa dapat undangan RUPS kalau punya saham berapa banyak mas? tertarik pengen ikutan ^_^

    BalasHapus
  6. waaah RUPS nya unik ya,
    enak juga setiap RUPS bawa pulang satu Indom***t gini hehehe

    BalasHapus
  7. Sumpah pengen banget ke RUPS UNVR ini tapi gak bisa2 karena selalu sibuk, karena selama beberapa tahun saya inves di emiten yg semoga bisa menanjak lagi haha.

    BalasHapus
  8. Sumpah pengen banget dateng ke RUPS UNVR tapi selalu kehalang waktu karena kesibukan, semoga aja UNVR bisa kembali ke harga 7ribuan aamiin.

    BalasHapus
  9. Aq malah gagal fokus sama sovenir nya. Dapet nya banyak banget, dari cemilan, bumbu masak sampe perawatan diri.

    BalasHapus
  10. Aq malah gagal fokus sama souvenir nya. Dapet nya banyak banget, dari cemilan, bumbu dapur sampe perawatan diri

    BalasHapus
  11. Tidak terlalu lama juga ya ternyata RUPS-nya. Lihat produk yang dibawa pulang jadi makin tahu kalau banyak sekali ya jenis produk Unilever.

    BalasHapus
  12. Wuah banyak banget dapatnya dan produk2nya pun memang punya nilai guna untuk kebutuhan sehari-hari. Meeting seperti ini memang tiap bulan ya ?

    BalasHapus
  13. Wah... selalu ingin ikut RUPS apalagi kalau Unilever yang ngadain ya ko. Semoga tahun depan bisa ikutan juga hihi

    BalasHapus
  14. wah lumayan banget souvenirnya ya :D jadi pengen invest di UNVR juga nih

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela