Senin, 13 Juli 2015

Lima Tabungan Bank Syariah Terpilih

Tabungan bank syariah, menjadi pilihan bagi masyarakat yang ingin menyimpan uangnya di bank namun ingin terhindar dari bunga bank yang diberikan. Berbagai bank syariah yang ada di Indonesia, memudahkan untuk memilih produk tabungan di bank syariah. Mari kita lihat bersama beberapa produk tabungan reguler dari bank syariah:

 1. BNI Syariah

Bank BNI Syariah, dengan produk tabungan reguler Tabungan IB Hasanah, Tabungan IB Hasanah terdiri atas 2 pilihan akad yaitu Mudharabah (Bagi Hasil) dan Wadiah (Titipan). Setoramn awal minimal hanya dengan Rp 100.000 saja.Untuk akad Mudhartabah mendapat bagi hasil dan dikenakan biaya administrasi Rp 5.000 dan Wadiah tidak dikenakan biaya administrasi dan tidak mendapatkan bonus atau bagi hasil.

Kelebihan dari Tabungan BNI Syariah adalah kartu debit yang diberikan sudah berlogo Master Card sehingga dapat digunakan di seluruh dunia. Selain itu bisa menggunakan layanan dari Bank BNI, Nasabah BNI Syariah bisa melakukan penyetoran di kantor cabang bank BNI, bisa menggunakan ATM, Internet Banking dan EDC bank BNI.

  2. Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri, dengan produk tabungan Reguler Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik. Tabungan BSM dengan akad Mudharabah (Bagi Hasil) dikenakan biaya adminitrasi sebesar Rp. 7.000 dan mendapatakan bagi hasil. Sedangkan untuk Tabungan BSM Simpatik dengan akad Wadiah (Titipan) dikenakan biaya Rp. 2.500 mendapatkan bonus.

Kelebihan dari Tabungan BSM dan Tabungan BSM Simpatik adalah bisa melakukan transkasi di ATM Bank Mandiri. Untuk tarik tunai di ATM Bank Mandiri bebas biaya, namun cek saldo dan transaksi lainnya dikenakan biaya. Selain itu BSM juga memiliki fasilitas BSM Net Banking, sekalipun setiap bulannya dikenakan biaya, untuk BSM Mobile Banking tidak dikenakan biaya bulanan.

Keunikan dari Tabungan BSM adalah adanya fasilitas email notiikasi setiap transaksi Debit dan Kredit rekening kita. Fasilitas ini biasanya hanya ada di bank konvensional untuk nasabah prioritas.

  3. Bank BRI Syariah

Bank BRI Syariah, dengan produk tabungan reguler Tabungan Faedah. Dulunya Tabungan Faedah BRI Syariah membebaskan biaya admnistrasi rekening, Cek Saldo, Transfer dan Tarik Tunai di ATM BRI, ATM berlogo Prima dan ATM Bersama.

Namun kini BRI Syariah hanya memberikan subsidi 50% dari biaya tarik tunai, cek saldo dan transfer jika saldo nasabah setelah transaksi minimal 500 ribu. Selain itu juga saldo minimal nasabah 500ribu, jika tidak akan dikenakan biaya administrasi rekening sebesar Rp 12.500. Tabungan BRI Syariah sudah memiliki fasilitas Internet Banking dan Mobile Banking.


  4. Bank BCA Syariah

 Bank BCA Syariah, dengan tabungan Tahapan IB. Tahapan IB BCA dengan akad wadiah (titipan) namun dikenakan biaya administrasi Rp 7.500 per bulan, Dengan fasilitas bebas biaya tarik tunai, cek saldo dan transfer ke rekening BCA di ATM BCA serta bebas biaya di EDC bank BCA.  Saat ini dengan fasilitas BCA Syariah Mobile maka transfer ke bank BCA via online juga bebas biaya. Selain itu nasabah BCA Syariah juga bisa mengikuti Gebyar Tahapan BCA.

5. Bank Muamalat

 Bank Muamalat, dengan Tabungan Muamalat IB. Tabungan Muamalat IB terdiri atas 2 pilihan akad, akad Mudharabah dengan biaya administrasi Rp 10.000 dan mendapatkan bagi hasil. Sedangkan akad Wadiah dengan biaya administrasi Rp 5.000 jika saldo di bawah 1 juta dan bebas biaya jika saldo di atas 1 juta.

Kelebihan dari Tabungan Muamalat IB adalah kartu debit sudah berlogo Visa sehingga dapat digunakan di seluruh dunia, selain itu juga kartu debit sudah menggunakan kartu chip sehingga keamanan transaksi lebih terjamin. Selain itu sudah dilengkapi fasilitas Internet Banking dan Mobile Banking.

Dari beberapa tabungan di atas, saya memilih BNI Syariah dan BCA Syariah karena fasilitas yang disediakan , menunjang kebutuhan transaksi saya dengan rekan-rekan yang masih menggunakan rekening bank konvensional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar