Kamis, 03 April 2014

Mudahnya Buka Rekening BRI dengan E-Form

BRI adalah satu bank yang bagi saya agak asing. Yang terlintas di benak saya adalah bank untuk masyarakat pedesaan. Yang saya amati lebih mudah menemukan ATM dan cabang bank BRI di pedesaan daripada di perkotaan. Namun beberapa waktu belakangan ini saya menerima transferan dari teman saya yang adalah nasabah bank BRI. Saya yang tidak memiliki tabungan BRI, teman saya agak keberatan jika dikenakan biaya tambahan 5 ribu untuk biaya transfer berbeda bank. Akhinya saya "mengalah" dan buka tabungan BRI.

Saya akhirnya konfirmasi ke BRI Call mengenai cabang terdekat sesuai domisili KTP saya dan diarahkan ke salah satu cabang di daerah Mangga Dua. Pada tanggal 1 April 2014 akhirnya saya mendatangi salah satu cabang BRI untuk membuka rekening dan saya mencari informasi di gogole dan menemukan situs layanan e-form BRI https://eform.bri.co.id/home dan saya mencoba melakukan pembukaan rekening via e-form dan setelah selesai saya mendapatkan no referensi.Saya kaget untuk pertama kali BRI sudah menggunakan layanan e-form sudah mengurangi penggunaan kertas.



Pada 1 April 2014 saya sampai sekitar jam 8.30 di salah satu cabang BRI di daerah Mangga Dua dan ternyata sudah banyak yang mengantri, saya memberitakukan maksud kedatangan saya kepada satpam bank dan diberikan no antrian ke Customer Service. Customer Service menjelaskan jenis tabungan dan karakteristik dari tabungan yang dimiliki BRI. Saya agak kaget kedua kalinya saat dijelaskan jika transfer sesama BRI dikenakan biaya Rp 500 via ATM BRI. Kalau mau gratis transfer sesama BRI harus melalui Internet Banking itupun terbatas dalam 1 hari maksmimal hanya 5x transaksi finansial. Akhirnya saya memilih tabungan BRI Simpedes.

Saya tinggal memberitahukan no referensi kepada Customer Service karena sebelumnya saya mengisi data pribadi via e-form. Hal ini mempermudah dan menghemat waktu di Customer Service untuk pembukaan rekening serta tidak perlu mengisi form. Setelah itu Customer Service konfirmasi beberapa data pribadi dan segera mengambil ATM serta buku tabungan.. Setelah menandatangani buku tabungan dan membuat PIN ATM, tidak lupa mendaftarkan SMS Banking, Intenet Banking dan membantu saya mendownload aplikasi BRI Mobile setelah semua selesasi saya diminta ke Teller untuk melakukan setoran pertama kali.

Saat menunggu dipanggil Teller saya mendengar Teller berkata pada nasabah lain yang akan melakukan setoran bahwa setoran luar kota dikenakan biaya Rp 5.000. Saya kaget untuk ketiga kalinya, setelah sesama kena biaya sekarang setoran beda kota ada biaya lagi. Tapi karena memang tujuan pembukaan rekening saya untuk menerima transferan dari teman yang adalah nasabah BRI maka hal tersebut belum menjadi masalah bagi saya.

BRI saya ajungkan jempol semua transaksi sangat minim dalam menggunakan kertas. Pembukaan rekening bisa namun biaya-biaya yang dibebankan pada nasabah perlu disosialisasikan dengan baik agar nasabah tidak merasa dirugikan.

4 komentar:

  1. gimana sih selalu lemot jaringan BRI nya ..

    BalasHapus
  2. Saya tranfer uang k sesama bank bri lewat e-form bri apakah itu udah masuk k kartu atm yg saya tuju apa belum ya. Tolong info'y ya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. E-Form BRI hanya formulir dalam bentuk elektronik, transaksi tetap harus dilakukan di cabang dengan menyebutkan kode yang didapatkan dari E-Form BRI.

      Hapus
  3. Trus cara pengambilan uang'y gimana min dan apa syarat'y

    BalasHapus