Langsung ke konten utama

Mandiri Jogja Marathon 2018, Sarana Promosi Kekayaan Budaya dan Produk Lokal

Mandiri Jogja Marathon kembali berlangsung pada tahun 2018, setiap tahunnya selalu ada konsep yang unik yang menarik perhatian. Bukan sekedar ajang lomba lari biasa, pengalaman berbeda bisa dirasakan para pelari yang ikut serta. Mengusung  konsep Sport Tourism, kawasan wisata budaya Candi Prambanan menjadi tempat berlangsugnya Mandiri Jogja Marathon. Terdapat beberapa pilihan jarak lari mulai dari Full Marathon, Half Marathon, 10k, dan 5k.


Rute Mandiri Jogja Marathon 2018 melalui Candi Prambanan Roro Jonggrang, Candi Plaosan, Monumen Taruna, kawasan pertanian, dan  lingkungan pedesaan. Terdapat 9 desa di wilayah Sleman dan 2 desa di wilayah Klaten yang akan dilewati, bahkan bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi di pagi hari. Menikmati pemandangan berbagai candi dan pedesaan, sambil berlari menuju garis akhir. Tentunya menjadi momen yang tidak terlupakan bagi para pelari.




Mandiri Jogja Marathon 2018 menjadi ajang promosikan kekayaan budaya dan produk lokal, sehingga dapat mengembangkan pariwisata dan meningkatkanpertumbuhan ekonomi Provinsi Yogyakarta. Terdapat sekitar 8.000 perlari yang berasal dari Indonesia dan negara-negara lainnya, seperti: Malaysia, Jepang, Kenya, Brunei Darussalam, Irlandia, India, China, Brazil, Singapura, Filipina dan Australia yang turut berpartisipasi. Sebuah potensi besar untuk mempromosukan kekayaan budaya dan kearifan lokal di Yogyakarta.

Tersedia juga berbagai hiburan menarik seperti: Jathilan ( KM 6, KM 22, dan KM 40), Badui (KM 9 dan KM 26), Karawitan (KM 12), Keroncong (KM 34), Gejog Lesung (KM 35), dan Baringan (KM 38) yang memeriahkan dan menampilkan kekayaan budaya lokal Yogyakarta.

Pada pukul 04.45 menjadi waktu awal pelari Full Marathon akan bersiap di garis start, diikuti pelari Half Marathon pada pukul 05.30, pelari 10k pada pukul 06.00, dan pelari 5k pada pukul 06.30. Ada ketentuan pada Mandiri Jogja Marathon kali ini, diberlakukannya Cut Off Time pada kilometer ke 6, 12, 18, 24, 30, dan 36 yang memberikan tantangan tersendiri bagi peserta lari.

Pada Mandiri Jogja Marathon juga bertujuan memperkuat perekonomian lokal di Jogja, Bank Mandiri bekerjasama berbagau hotel dan pelaku ekonomi lokal. Termasuk pedagang-pedagang lokal dan kuliner keraton khas Yogyakarta turut menjajakan makanan yang bisa dinikmati oleh peserta lari dan pengunjung di rave Village Mandiri Jogja Marathon. Bahkan Bank Mandiri pun juga membeli lebih dari 8.000 pisang lokal dari berbagai penjual di wilayah Yogyakarta untuk konsumi para pelari.


Dalam keperluan transaksi di Mandiri Jogja Marathon, bisa menggunakan pembayaran nontunai dengan berbagai produk Bank Mandiri. Dengan bertransaksi nontunai ini akan membuat masyarakat terbiasa dengan Gerakan Nasional Non Tunai (Cashless Society) sebagai progtam yang sudah dicanangkan pemerintah.

Selain itu tersedia juga berbagai penawaran dan promosi menarik dari Bank Mandiri. Tidak hanya itu saja ada kartu e-Money Mandiri edisi khusus Mandiri Jogja Marathon dan Asian Games yang bisa didapatkan.

Pada momen acara Mandiri Jogja Marathon 2018, Bank Mandiri menyalurkan bantuan sebesar 1 Milyar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. Guna melakukan perbaikan  infrastruktur jalan dan sarana umum di wilayah Kabupaten Sleman. Bank Mandiri memberikan nilai tambah bagi masyarakat, sehingga kegiatan perekonomian lokal  masyarakat di daerah Sleman bisa lebih lancar.


Pada akhir Mandiri Jogja Marathon pelari asal Kenya Geoffrey Birgen (Putra) dan Peninah Jepkoech Kigen Sain Alim (Putri) menjadi pemenang Full Marathon. Pada pemenang nomor putra setelah melahap 42,195 kilometer dengan catatan waktu 2 jam 21 menit 55 detik. Sedangkan, Peninah bisa menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 2 jam 53 menit 35 detik pada nomor putri.



Turut hadir juga pada acara Mandiri Jogja Marathon berlangsung, Pak Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri dan Bu Soemarno, Menteri BUMN turut melepas pelari dan menyambut kedatangan para pelari. Direktur Utama Bank Mandiri juga berharap,  kualitas Mandiri Jogja Marathon ini agar semakin banyak pelari yang ikut dan hadir di Yogyakarta. Sehingga bisa meningkatkan angka kunjungan wisata di Yogyakarta, pada khususnya, dan Indonesia, pada umumnya.


Pada ajang Mandiri Jogja Marathon 2018 peserta lari bisa membagikan momen keseruannya di media sosial. Terdapat lomba berhadiah kamera Go Pro, kamera digital, tongsi stabilizer, dan uang tunai  Cukup mengikuti Mandiri Jogja Marathon, informasi selengkapnya bisa dilihat melalui website Jadi Mandiri. Periode lomba berlangsung pada 15-18 April 2018, pengumuman pemenang akan dilakukan pada 30 April 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Transfer Berbeda Bank, Tak Kunjung Sampai? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Proses transfer berbeda bank berapa lama ya? Pertanyaan yang kerap kali ditanyakan kepada saya. Terlebih bagi freelancer termasuk saya, momen menunggu pembayaran dari pemberi kerja adalah momen menegangkan. Kabar dari bagian keuangan perihal dimulai proses pembayaran, bagaikan menemukan oase di tengah padang gurun yang gersang. Namun, setelah ditunggu-tunggu seraya, memerika mutasi rekening. Kerapkali berujung pada di-PHP-in. Katanya sudah ditransfer, kok belum masuk juga ya? Jangan-jangan bagian keuangannya belum memproses. Perasaan menjadi gundah gulana dan galau, tagihan sudah "mengantri" untuk dibayarkan. Namun, apa daya saldo di rekening tabungan belum bertambah. Sampai suatu hari, saya mengujungi salah bank yang ada di Mal Kota Kasablanka. Untuk melakukan pencetakan buku tabungan. Saya masuk ke bank, satpam meminta saya mengambil nomor antrian. Saya duduk dan menunggu nomor dipanggil. Tiba saat nomor antrian saya dipanggil, saya menuju petugas teller. Saya se

Mencoba Kartu Flazz BCA JakLingko, Tarif Rp5.000 Transjakarta dalam Tiga Jam

Akhirnya tersedia juga kartu Flazz BCA edisi JakLingko. Untuk yang belum tahu, sistem JakLingko memberikan tarif penggunaan Transjakarta maksimal Rp5.000 dalam tiga jam. Selain Flazz BCA sebelumnya sudah tersedia kartu JakLingko kerjasama dengan bank lainnya. Kartu JakLingko Flazz BCA Selain dapat digunakan pada bus Transjakarta, kartu JakLingko dapat digunakan pada angkot atau mikrotrans di Jakarta. Tinggal tap in dan tap out pada alat tap.  Untuk mendapatkan kartu JakLingko Flazz BCA, saya menemukannya tersedia pada vending machine. Harga kartu Flazz BCA JakLingko sebesar Rp40ribu dengan isi saldo Rp15ribu. Pembayaran dapat dilakukan dengan scan QRIS dan uang tunai. Perjalanan saya dimulai dari Kota Tangerang menuju Jakarta menggunakan bus tujuan Poris-Bundaran Senayan. Durasi perjalanan berlangsung sekitar satu jam. Saya turun di halte Gelora Bung Karno, kemudian naik bus tujuan Kota dan turun di halte Bendungan Hilir. Perjalanan berlangsung sekitar sepuluh menit. Saat tap out dike

Apa Perbedaan Tahapan dan Tahapan Expresi?

Tahapan dan Tahapan BCA keduanya produk rekening Tabungan BCA. Namun apa saja perbedaan antara Tahapan dan Tahapan Expresi? Setelah saya mencari-cari informasi dari berbagai sumber, ini dia ternyata perbedaan rekening Tahapan dan Tahapan Expresi: 1. Setoran Awal Setoran awal Tahapan BCA minimal 500 ribu (lumayan besar ya) dan Tahapan Xpresi minimal 50 ribu ( ini lebih sesuai dengan kantong). 2. Jenis Kartu ATM yang Diberikan Kartu ATM Tahapan tersedia dalam 3 (tiga) pilihan, yaitu: Silver, Gold dan Platinum. Setiap kartu berbeda limit transaksinya. Kalau Tahapan Xpresi BCA kartu ATMnya terdiri dari berbagai pilihan multidesain dan juga bisa menggunakan foto pribadi. Kan seru nih kartu ATMnya ada foto sama teman, keluarga atau pacar (abaikan yang terakhir). Saat ini baru bisa pakai desain multidesain di cabang tertentu dan My BCA. Kalau pakai kartu ATM Tahapan Xpresi pernah mau pakai bayar di kasir supermarket dan kartunya ditolak. Katanya sih desain kartunya kok beda, setela